Satu hal terpenting dalam sebuah aplikasi adalah Graphical User Interface (GUI). GUI dapat dimanfaatkan sebagai media input dalam sebuah aplikasi. Class-class untuk membangun GUI dalam MIDP disimpan dalam lcdui (javax.microedition.lcdui), sehingga agar dapat memanfaatkan class tersebut dengan mengimport paketnya. Struktur GUI dalam MIDP GUI di dalam MIDP dibagi menjadi dua bagian, yaitu: high-level API (yang didasarkan pada penbentukan window) dan low-level API (yang didasarkan pada pembentukan canvas dan pixel). Penggunaan high-level API lebih mudah disbanding mengunakan low-level API untuk membangun sebuah interface pada suatu aplikasi. Namun dengan menggunakan low level API lebih leluasa dalam mendesain sebuah interface. Model high-level API menyediakan class-class standar yang digunakan untuk membangun UI (User Interface) seperti component Form, TextBox, List, Alert. Model High-level mengimplementasikan class-class yang diturunkan dari class Screen. Model Low-level API memberikan akses yang kepada programmer untuk melakukan control terhadap tampilan layer, termasuk pengembaran menggunakan pixel, pembentukan bentuk geometri (segitiga, segiempat,lingkaran,elips, arc, dll). Model ini sering digunakan untuk membuat game. Karena model ini dapat membuat bentuk tek graphic yang lebih spesifik sesaui dengan keinginan. Model ini juga dapat membaca tombol-tombol yang ditekan oleh user. Dalam paket lcdui yang dimport menggunakan: import javax.microedition.lcdui.*; Paket ini terdiri dari interface dan class. Tabel daftar interface: Interface Keterangan Choice Mengimplementasikan sejumah item pilihan yang didefinisikan. CommandListener Menerima event-event level tinggi. ItemStateListener Menerima event yang mengindikasikan perubahan keadaan dari item yang terdapat pada obyek Form Daftar kelas paket lcdui: Class Keterangan Alert Menampilkan pesan ke user untuk periode waktu tertentu AlertType Mendefinisikan tipe objek Alert yang akan ditampilkan Canvas Class yang digunakan untuk aplikasi yang membutuhkan event-event rendah seperti game dan untuk mengambar dilayar. ChoiceGroup Meyajikan sekumpulan elemen yang dapat dipilih yang dimasukkan di dalam Form. Command Konstruksi yang mebungkus informasi-informasi yang dilakukan oleh user. CustomItem Membuat elemen user interface baru yang ditempatkan pada sebuah Form. DateField Komponen yang digunakan untuk menampilkan tanggal dan waktu. Display Manager tampilan Displayable Objek yang memiliki kemampuan ditampilkan pada layar. Font Mengatur huruf yang akan ditampilkan ke layar. Gauge Tampilan grafis yang digunakan untuk memvisualisasikan nilai tertentu yang diletakkan pada Form. Graphics Menyediakan kemampuan menggambar pada sebuah Canvas. Image Digunakan untuk menyimpan data gambar. ImageItem Meyediakan kotrol layout untuk gambar-gambar yang ditempatkan pada sebuah Form. Item Kelas dasar untuk menempatkan komponen-komponen yang dapat ditempatkan pada sebuah Form. List Layar yang berisi daftar pilihan Screen Kelas dasar semua komponen layar dalam high-level user interface. StringItem Item yang berisi string yang kemudian ditempatkan pada Form. TextBox Layar yang mengijinkan user memanipulasi teks dan bisa juga dijadikan media input. TextField Komponen untuk memasukkan teks di atas Form. Ticker Bagian teks yang berjalan terus-menerus di atas layar. Ticker tidak dapat ditempelkan pada Canvas. Arsitektur LCDUI Beriku hierarki class-class yang diambil dari pake lcdui (javax.microedition.lcdui) Hierarki Class LCDUI Hierarki Class LCDUI Dari class-class di atas yang dapat langsung ditampilkan ke layar hanya turunan dari class Displayable. ?View Code JAVA 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 41 42 43 44 45 46 47 48 49 50 51 52 53 54 55 56 57 58 59 60 61 62 63 64 65 66 import javax.microedition.lcdui.*; import javax.microedition.midlet.*; public class MIDAlert extends MIDlet implements CommandListener { private Display display; private Form form; private Alert alert; private Command cmdExit; private Command cmdAlert; public MIDAlert() { display = Display.getDisplay(this); //membuat objek Form form = new Form("Demo Alert"); //membuat objek Command cmdExit = new Command("Exit", Command.EXIT, 1); cmdAlert = new Command("Alert", Command.SCREEN, 2); //menambahkan objek Command "cmdExit" dan "cmdAlert" form.addCommand(cmdExit); form.addCommand(cmdAlert); //menset event form.setCommandListener(this); } public void startApp() { //menentukan objek yang ditampilkan di layar display.setCurrent(form); } public void pauseApp() { } public void destroyApp(boolean unconditional) { } public void commandAction(Command c, Displayable d) { if (c == cmdAlert) { //memanggil method tampilAlert tampilAlert(); } else if (c == cmdExit) { destroyApp(true); notifyDestroyed(); } } private void tampilAlert() { try { //membuat objek Alert dan menentukan String yang ditampilkan alert = new Alert("Informasi", "Pesan ini tampil di User", null, null); //menentukan tipe Alert alert.setType(AlertType.ALARM); //menentukan lamanya Alert tampil alert.setTimeout(5000); //menampilkan Alert display.setCurrent(alert); } catch(Exception e) { System.out.println(e.getMessage()); } } } Sebuah aplikasi biasanya ketika menampilkan pesan menggunakan icon atau gambar tertentu, berikut tambahan kode program agar pesan yang ditampilkan di atas dapat menampilkan pesan yang disertai dengan gambar. Hasil output dari program di atas adalah: Sesudah dan sebelum diklik Alert Sesudah dan sebelum diklik Alert Ubahlah method tampilAlert() menjadi seperti berikut: private void tampilAlert() { try { //membuat objek Image Image img = Image.createImage(“/globe.png”); //membuat objek Alert dan menentukan String yang ditampilkan alert = new Alert(“Informasi”, “Pesan ini tampil di User”, img, null); //menentukan tipe Alert alert.setType(AlertType.ALARM); //menentukan lamanya Alert tampil alert.setTimeout(5000); //menampilkan Alert display.setCurrent(alert); } catch(Exception e) { System.out.println(e.getMessage()); } } private void tampilAlert() { try { //membuat objek Image Image img = Image.createImage("/globe.png"); //membuat objek Alert dan menentukan String yang ditampilkan alert = new Alert("Informasi", "Pesan ini tampil di User", img, null); //menentukan tipe Alert alert.setType(AlertType.ALARM); //menentukan lamanya Alert tampil alert.setTimeout(5000); //menampilkan Alert display.setCurrent(alert); } catch(Exception e) { System.out.println(e.getMessage()); } } Tampilan ketika ditambahkan gambar pada Alert. Tampilan Alert setelah ditambah image Tampilan Alert setelah ditambah image

Wednesday, March 30, 2011 6:25 PM by Computer and Programming
Satu hal terpenting dalam sebuah aplikasi adalah Graphical User Interface (GUI). GUI dapat dimanfaatkan sebagai media input dalam sebuah aplikasi.
Class-class untuk membangun GUI dalam MIDP disimpan dalam lcdui (javax.microedition.lcdui), sehingga agar dapat memanfaatkan class tersebut dengan mengimport paketnya.
Struktur GUI dalam MIDP
GUI di dalam MIDP dibagi menjadi dua bagian, yaitu: high-level API (yang didasarkan pada penbentukan window) dan low-level API (yang didasarkan pada pembentukan canvas dan pixel). Penggunaan high-level API lebih mudah disbanding mengunakan low-level API untuk membangun sebuah interface pada suatu aplikasi. Namun dengan menggunakan low level API lebih leluasa dalam mendesain sebuah interface.
Model high-level API menyediakan class-class standar yang digunakan untuk membangun UI (User Interface) seperti component Form, TextBox, List, Alert. Model High-level mengimplementasikan class-class yang diturunkan dari class Screen.
Model Low-level API memberikan akses yang kepada programmer untuk melakukan control terhadap tampilan layer, termasuk pengembaran menggunakan pixel, pembentukan bentuk geometri (segitiga, segiempat,lingkaran,elips, arc, dll). Model ini sering digunakan untuk membuat game. Karena model ini dapat membuat bentuk tek graphic yang lebih spesifik sesaui dengan keinginan. Model ini juga dapat membaca tombol-tombol yang ditekan oleh user.
Dalam paket lcdui yang dimport menggunakan:
import javax.microedition.lcdui.*;
Paket ini terdiri dari interface dan class.
Tabel daftar interface:


Interface Keterangan
Choice Mengimplementasikan sejumah item pilihan yang didefinisikan.
CommandListener Menerima event-event level tinggi.
ItemStateListener Menerima event yang mengindikasikan perubahan keadaan dari item yang terdapat pada obyek Form

Daftar kelas paket lcdui:
Class Keterangan
Alert Menampilkan pesan ke user untuk periode waktu tertentu
AlertType Mendefinisikan tipe objek Alert yang akan ditampilkan
Canvas Class yang digunakan untuk aplikasi yang membutuhkan event-event rendah seperti game dan untuk mengambar dilayar.
ChoiceGroup Meyajikan sekumpulan elemen yang dapat dipilih yang dimasukkan di dalam Form.
Command Konstruksi yang mebungkus informasi-informasi yang dilakukan oleh user.
CustomItem Membuat elemen user interface baru yang ditempatkan pada sebuah Form.
DateField Komponen yang digunakan untuk menampilkan tanggal dan waktu.
Display Manager tampilan
Displayable Objek yang memiliki kemampuan ditampilkan pada layar.
Font Mengatur huruf yang akan ditampilkan ke layar.
Gauge Tampilan grafis yang digunakan untuk memvisualisasikan nilai tertentu yang diletakkan pada Form.
Graphics Menyediakan kemampuan menggambar pada sebuah Canvas.
Image Digunakan untuk menyimpan data gambar.
ImageItem Meyediakan kotrol layout untuk gambar-gambar yang ditempatkan pada sebuah Form.
Item Kelas dasar untuk menempatkan komponen-komponen yang dapat ditempatkan pada sebuah Form.
List Layar yang berisi daftar pilihan
Screen Kelas dasar semua komponen layar dalam high-level user interface.
StringItem Item yang berisi string yang kemudian ditempatkan pada Form.
TextBox Layar yang mengijinkan user memanipulasi teks dan bisa juga dijadikan media input.
TextField Komponen untuk memasukkan teks di atas Form.
Ticker Bagian teks yang berjalan terus-menerus di atas layar. Ticker tidak dapat ditempelkan pada Canvas.
Arsitektur LCDUI
Beriku hierarki class-class yang diambil dari pake lcdui (javax.microedition.lcdui)
Hierarki Class LCDUI
Hierarki Class LCDUI
Dari class-class di atas yang dapat langsung ditampilkan ke layar hanya turunan dari class Displayable.
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
32
33
34
35
36
37
38
39
40
41
42
43
44
45
46
47
48
49
50
51
52
53
54
55
56
57
58
59
60
61
62
63
64
65
66
import javax.microedition.lcdui.*;
import javax.microedition.midlet.*;
 
public class MIDAlert extends MIDlet implements CommandListener {
    private Display display;
    private Form form;
    private Alert alert;
    private Command cmdExit;
    private Command cmdAlert;
 
    public MIDAlert() {
        display = Display.getDisplay(this);
        //membuat objek Form
        form = new Form("Demo Alert");
 
        //membuat objek Command
        cmdExit = new Command("Exit", Command.EXIT, 1);
        cmdAlert = new Command("Alert", Command.SCREEN, 2);
 
        //menambahkan objek Command "cmdExit" dan "cmdAlert"
        form.addCommand(cmdExit);
        form.addCommand(cmdAlert);
 
        //menset event
        form.setCommandListener(this);
    }
 
    public void startApp() {
        //menentukan objek yang ditampilkan di layar
        display.setCurrent(form);
    }
 
    public void pauseApp() {
    }
 
    public void destroyApp(boolean unconditional) {
    }
 
    public void commandAction(Command c, Displayable d) {
        if (c == cmdAlert) {
            //memanggil method tampilAlert
            tampilAlert();
        } else if (c == cmdExit) {
            destroyApp(true);
            notifyDestroyed();
        }
    }
 
    private void tampilAlert() {
        try {
            //membuat objek Alert dan menentukan String yang ditampilkan
            alert = new Alert("Informasi", "Pesan ini tampil di User", null, null);
 
            //menentukan tipe Alert
            alert.setType(AlertType.ALARM);
 
            //menentukan lamanya Alert tampil
            alert.setTimeout(5000);
 
            //menampilkan Alert
            display.setCurrent(alert);
        } catch(Exception e)  {
            System.out.println(e.getMessage());
        }
    }
}
Sebuah aplikasi biasanya ketika menampilkan pesan menggunakan icon atau gambar tertentu, berikut tambahan kode program agar pesan yang ditampilkan di atas dapat menampilkan pesan yang disertai dengan gambar.
Hasil output dari program di atas adalah:
Sesudah dan sebelum diklik Alert
Sesudah dan sebelum diklik Alert
Ubahlah method tampilAlert() menjadi seperti berikut:
private void tampilAlert() {
try {
//membuat objek Image
Image img = Image.createImage(“/globe.png”);
//membuat objek Alert dan menentukan String yang ditampilkan
alert = new Alert(“Informasi”, “Pesan ini tampil di User”, img, null);
//menentukan tipe Alert
alert.setType(AlertType.ALARM);
//menentukan lamanya Alert tampil
alert.setTimeout(5000);
//menampilkan Alert
display.setCurrent(alert);
} catch(Exception e) {
System.out.println(e.getMessage());
}
}
private void tampilAlert() {
 try {
  //membuat objek Image
  Image img = Image.createImage("/globe.png");

  //membuat objek Alert dan menentukan String yang ditampilkan
  alert = new Alert("Informasi", "Pesan ini tampil di User", img, null);

  //menentukan tipe Alert
  alert.setType(AlertType.ALARM);

  //menentukan lamanya Alert tampil
  alert.setTimeout(5000);

  //menampilkan Alert
  display.setCurrent(alert);
 } catch(Exception e)  {
  System.out.println(e.getMessage());
 }
}
Tampilan ketika ditambahkan gambar pada Alert.
Tampilan Alert setelah ditambah image
Tampilan Alert setelah ditambah image

0 Response to "Satu hal terpenting dalam sebuah aplikasi adalah Graphical User Interface (GUI). GUI dapat dimanfaatkan sebagai media input dalam sebuah aplikasi. Class-class untuk membangun GUI dalam MIDP disimpan dalam lcdui (javax.microedition.lcdui), sehingga agar dapat memanfaatkan class tersebut dengan mengimport paketnya. Struktur GUI dalam MIDP GUI di dalam MIDP dibagi menjadi dua bagian, yaitu: high-level API (yang didasarkan pada penbentukan window) dan low-level API (yang didasarkan pada pembentukan canvas dan pixel). Penggunaan high-level API lebih mudah disbanding mengunakan low-level API untuk membangun sebuah interface pada suatu aplikasi. Namun dengan menggunakan low level API lebih leluasa dalam mendesain sebuah interface. Model high-level API menyediakan class-class standar yang digunakan untuk membangun UI (User Interface) seperti component Form, TextBox, List, Alert. Model High-level mengimplementasikan class-class yang diturunkan dari class Screen. Model Low-level API memberikan akses yang kepada programmer untuk melakukan control terhadap tampilan layer, termasuk pengembaran menggunakan pixel, pembentukan bentuk geometri (segitiga, segiempat,lingkaran,elips, arc, dll). Model ini sering digunakan untuk membuat game. Karena model ini dapat membuat bentuk tek graphic yang lebih spesifik sesaui dengan keinginan. Model ini juga dapat membaca tombol-tombol yang ditekan oleh user. Dalam paket lcdui yang dimport menggunakan: import javax.microedition.lcdui.*; Paket ini terdiri dari interface dan class. Tabel daftar interface: Interface Keterangan Choice Mengimplementasikan sejumah item pilihan yang didefinisikan. CommandListener Menerima event-event level tinggi. ItemStateListener Menerima event yang mengindikasikan perubahan keadaan dari item yang terdapat pada obyek Form Daftar kelas paket lcdui: Class Keterangan Alert Menampilkan pesan ke user untuk periode waktu tertentu AlertType Mendefinisikan tipe objek Alert yang akan ditampilkan Canvas Class yang digunakan untuk aplikasi yang membutuhkan event-event rendah seperti game dan untuk mengambar dilayar. ChoiceGroup Meyajikan sekumpulan elemen yang dapat dipilih yang dimasukkan di dalam Form. Command Konstruksi yang mebungkus informasi-informasi yang dilakukan oleh user. CustomItem Membuat elemen user interface baru yang ditempatkan pada sebuah Form. DateField Komponen yang digunakan untuk menampilkan tanggal dan waktu. Display Manager tampilan Displayable Objek yang memiliki kemampuan ditampilkan pada layar. Font Mengatur huruf yang akan ditampilkan ke layar. Gauge Tampilan grafis yang digunakan untuk memvisualisasikan nilai tertentu yang diletakkan pada Form. Graphics Menyediakan kemampuan menggambar pada sebuah Canvas. Image Digunakan untuk menyimpan data gambar. ImageItem Meyediakan kotrol layout untuk gambar-gambar yang ditempatkan pada sebuah Form. Item Kelas dasar untuk menempatkan komponen-komponen yang dapat ditempatkan pada sebuah Form. List Layar yang berisi daftar pilihan Screen Kelas dasar semua komponen layar dalam high-level user interface. StringItem Item yang berisi string yang kemudian ditempatkan pada Form. TextBox Layar yang mengijinkan user memanipulasi teks dan bisa juga dijadikan media input. TextField Komponen untuk memasukkan teks di atas Form. Ticker Bagian teks yang berjalan terus-menerus di atas layar. Ticker tidak dapat ditempelkan pada Canvas. Arsitektur LCDUI Beriku hierarki class-class yang diambil dari pake lcdui (javax.microedition.lcdui) Hierarki Class LCDUI Hierarki Class LCDUI Dari class-class di atas yang dapat langsung ditampilkan ke layar hanya turunan dari class Displayable. ?View Code JAVA 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 41 42 43 44 45 46 47 48 49 50 51 52 53 54 55 56 57 58 59 60 61 62 63 64 65 66 import javax.microedition.lcdui.*; import javax.microedition.midlet.*; public class MIDAlert extends MIDlet implements CommandListener { private Display display; private Form form; private Alert alert; private Command cmdExit; private Command cmdAlert; public MIDAlert() { display = Display.getDisplay(this); //membuat objek Form form = new Form("Demo Alert"); //membuat objek Command cmdExit = new Command("Exit", Command.EXIT, 1); cmdAlert = new Command("Alert", Command.SCREEN, 2); //menambahkan objek Command "cmdExit" dan "cmdAlert" form.addCommand(cmdExit); form.addCommand(cmdAlert); //menset event form.setCommandListener(this); } public void startApp() { //menentukan objek yang ditampilkan di layar display.setCurrent(form); } public void pauseApp() { } public void destroyApp(boolean unconditional) { } public void commandAction(Command c, Displayable d) { if (c == cmdAlert) { //memanggil method tampilAlert tampilAlert(); } else if (c == cmdExit) { destroyApp(true); notifyDestroyed(); } } private void tampilAlert() { try { //membuat objek Alert dan menentukan String yang ditampilkan alert = new Alert("Informasi", "Pesan ini tampil di User", null, null); //menentukan tipe Alert alert.setType(AlertType.ALARM); //menentukan lamanya Alert tampil alert.setTimeout(5000); //menampilkan Alert display.setCurrent(alert); } catch(Exception e) { System.out.println(e.getMessage()); } } } Sebuah aplikasi biasanya ketika menampilkan pesan menggunakan icon atau gambar tertentu, berikut tambahan kode program agar pesan yang ditampilkan di atas dapat menampilkan pesan yang disertai dengan gambar. Hasil output dari program di atas adalah: Sesudah dan sebelum diklik Alert Sesudah dan sebelum diklik Alert Ubahlah method tampilAlert() menjadi seperti berikut: private void tampilAlert() { try { //membuat objek Image Image img = Image.createImage(“/globe.png”); //membuat objek Alert dan menentukan String yang ditampilkan alert = new Alert(“Informasi”, “Pesan ini tampil di User”, img, null); //menentukan tipe Alert alert.setType(AlertType.ALARM); //menentukan lamanya Alert tampil alert.setTimeout(5000); //menampilkan Alert display.setCurrent(alert); } catch(Exception e) { System.out.println(e.getMessage()); } } private void tampilAlert() { try { //membuat objek Image Image img = Image.createImage("/globe.png"); //membuat objek Alert dan menentukan String yang ditampilkan alert = new Alert("Informasi", "Pesan ini tampil di User", img, null); //menentukan tipe Alert alert.setType(AlertType.ALARM); //menentukan lamanya Alert tampil alert.setTimeout(5000); //menampilkan Alert display.setCurrent(alert); } catch(Exception e) { System.out.println(e.getMessage()); } } Tampilan ketika ditambahkan gambar pada Alert. Tampilan Alert setelah ditambah image Tampilan Alert setelah ditambah image"

Post a Comment