Menangkap Event pada Tombol

Wednesday, March 30, 2011 6:27 PM by Computer and Programming
Agar sebuah tombol dapat berfungsi, maka event yang terjadi pada tombol harus di tangkap.
Program diatas ketika di klik tombol Exit belum dapat keluar dari program.
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
32
33
import javax.microedition.midlet.*;
import javax.microedition.lcdui.*;
 
public class EventCommand extends MIDlet implements CommandListener{
    private Display display;
    private TextBox mainScreen;
    private Command cmdExit;
 
    public EventCommand(){
        display = Display.getDisplay(this);
        mainScreen = new TextBox("Hello", "Hello World", 512, 1);
        cmdExit = new Command("Exit", Command.EXIT, 1);
        mainScreen.addCommand(cmdExit);
        mainScreen.setCommandListener(this);
    }
 
    public void startApp() {
        display.setCurrent(mainScreen);
    }
 
    public void pauseApp() {
    }
 
    public void destroyApp(boolean unconditional) {
    }
 
    public void commandAction(Command c, Displayable d) {
        if (c==cmdExit){
            destroyApp(false);
            notifyDestroyed();
        }
    }
}
 
Hal-hal yang harus disertakan dalam menangkap sebuah event adalah:
  1. … implement Command Listener
  2. … setComamndListener
  3. … commandAction
Catatan:
Ketika menambahkan implement CommandListener maka akan terdapat pesan kesalahan. Kesalahan tersebut terjadi karena jika menggunakan interface Command Listener harus disertai dengan method commandAction.
Aksi yang akan terjadi pada event di atur pada method commandAction. Pada aplikasi ini ketika ditekan tombol “Exit”, maka akan keluar dari program.
public void commandAction(Command c, Displayable d) {
 if (c==cmdExit){
  destroyApp(false);
  notifyDestroyed();
 }
}
Hasil running program di atas adalah:
Sebelum di klik "Exit"
Sebelum diklik "Exit"
Setelah diklik "Exit"
Setelah diklik "Exit"

0 Response to "Menangkap Event pada Tombol"

Post a Comment