Sekilas Java 2 Micro Edition (J2ME)

Wednesday, March 30, 2011 6:31 PM by Computer and Programming
J2ME (Java to Micro Edition) adalah platform Java yang ditargetkan secara spesifik untuk aplikasi yang jalan pada peralatan-peralatan kecil seperti mobile phone, PDA, switch jaringan, sistem navigasi, komponen peralatan otomatis rumah tangga dan sebagainya. J2ME dapat menjadi solusi untuk peralatan yang tidak mendukung secara penuh implementasi mnggunakan J2SE (Java to Standart Edition).
Sama seperti Java pada umumnya yang menggunakan JVM (Java Virtual Machine), dalam J2ME juga menggunakan virtual mesin yang disebut K Virtual Machine (KVM). KVM adalah virtual machine dengan kapasitas memori yang sangat kecil. Huruf K diambil dari Kilobyte yang mengambarkan betapa kecil total memori yang digunakan mulai dari 128 kilobyte hingga maksimal rata-rata sekitar 512 kilobyte.
Aplikasi J2ME yang tertanam pada perangkat handphone dapat memanfaatkan teknologi yang sudah ada padanya. J2ME dapat memanfaatkan teknologi GPRS untuk membangun aplikasi berbasiskan Internet. Aplikasi pada user (pengguna handphone) juga dapat diperkaya dengan animasi-animasi grafis menarik dengan menawarkan interaksi user yang semakin meningkat.
Aplikasi yang dibangun menggunakan J2ME dengan profile MIDP (Mobile Information Device Profile) dikenal dengan nama MIDlet. MIDP sendiri khusus digunakan pada handset dengan CPU, memori, keyboard dan layar terbatas misalkan handphone, PDA dan sebagainya.

Siklus Hidup J2ME

Siklus Hidup (LifeCycle) dari MIDlet ditangani oleh Application Management Software (AMS). AMS ini adalah sebuah lingkungan tempat siklus sebuah MIDlet yang mampu diciptakan, dijalankan, dihentikan dan dihilangkan. AMS sering pula dinamakan dengan Java Application Manager (JAM). Method-method standar bawaan J2ME dapat dilihat pada gambar berikut.


LifeCycle sebuah MIDlet
LifeCycle sebuah MIDlet
Dari gambar diatas dapat dijelaskan sebagai berikut:
  1. Ketika MIDlet pertama diciptakan dan diinisialisasi, MIDlet akan berada dalam state ?Pause?.
  2. Apabila terjadi kesalahan selama kontruksi MIDlet, MIDlet akan berpindah ke state ?Destroy?, dan MIDlet batal diciptakan dengan memanggil fungsi standar destroyApp().
  3. Selanjutnya, ketika MIDlet dijalankan. MIDlet akan berada pada state ?Active?, dalam hal ini fungsi standar yang dipanggil adalah startApp().
  4. Akan tetapi, jika ditengah jalan MIDlet dihentikan sementara MIDlet akan berada dalam state ?Pause? dengan memanggil fungsi standar pauseApp(). Pada state ini diperlukan proses celanUp terhadap garbage collector yang dihasilkan.

Antar Muka

Antar muka (user interface) MIDP terdiri atas API-API yang High Level dan Low level. Low Level API berbasiskan pada Canvas sedangkan High Level API berbasis pada screen. Class diagram dari user interface dapat dilihat pada gambar 2.4.
Class diagram tipe screen MIDP
Class diagram tipe screen MIDP
Dengan dua class di atas user interface MIDP dapat dibentuk menjadi sebuah aplikasi MIDlet.

0 Response to "Sekilas Java 2 Micro Edition (J2ME)"

Post a Comment