J2ME: Menampilkan Gambar dengan Class Canvas

Wednesday, March 30, 2011 6:01 PM by Computer and Programming
Salah satu kelebihan class Canvas adalah dapat menampilkan gambar. Pada modul ini kita akan membahas kode program untuk menampilkan file gambar di layar handphone.
Pertama anda siapkan file gambar yang akan ditampilkna. Biasanya file gambar yang ditampilkan dalam layar HP bertipe ?PNG?.
Siapkan gambar degan nama dan extensi berikut: “btw.png,globe.png,ipod.png,printer.png,sepeda.png”
File di atas dapat diganti sesuai dengan keinginan kita.
MIDShowImage.java
 
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
32
33
34
35
36
37
38
39
40
41
42
43
44
45
46
47
48
49
50
51
52
53
54
55
56
57
58
59
60
61
62
63
64
65
66
67
68
69
70
71
72
73
74
75
76
77
78
79
80
81
82
83
84
85
86
87
88
89
90
91
92
93
94
95
import javax.microedition.midlet.*;
 
import javax.microedition.lcdui.*;
 
public class ShowImageNext extends MIDlet {
 
private Display display;
 
private Canvas canvas;
 
private Command cmdNExt;
 
private int counter = 0;
 
public ShowImageNext() {
 
canvas = new CanvasShowImg();
 
}
 
public void startApp() {
 
display.getDisplay(this).setCurrent(canvas);
 
}
 
public void pauseApp() {
 
}
 
public void destroyApp(boolean unconditional) {
 
}
 
//End of MIDlet
 
public class CanvasShowImg extends Canvas {
 
private Image currentImg;
 
public CanvasShowImg() {
 
}
 
protected void paint(Graphics g) {
 
try {
 
//set background to white
 
g.setColor(0xFFFFFF);
 
g.fillRect(0, 0, this.getWidth(), this.getHeight());
 
String[] option = {"/btw.png", "/globe.png", "/ipod.png", "/printer.png", "/sepeda.png"};
 
currentImg = Image.createImage(option[counter]);
 
System.out.println(counter);
 
} catch (Exception e) {
 
e.getMessage();
 
}
 
g.drawImage(currentImg, getWidth() / 2, getHeight() / 2, Graphics.VCENTER | Graphics.HCENTER);
 
}
 
public void keyPressed(int keycode) {
 
switch (getGameAction(keycode)) {
 
case Canvas.RIGHT:
 
counter = counter + 1;
 
repaint();
 
break;
 
case Canvas.LEFT:
 
break;
 
default:
 
}
 
}
 
}
 
}
Hasil program di atas adalah sebagai berikut:
Program menampilkan gambar
Program menampilkan gambar
Keterangan:
Klik panah ke kanan untuk melihat gambar selanjutnya.

0 Response to "J2ME: Menampilkan Gambar dengan Class Canvas"

Post a Comment